Prinsip Dasar Dalam Bisnis

Prinsip Dasar Dalam Bisnis
prinsip-bisnis

Sebagai pengusaha, kita semua pasti telah melakukannya. Aktifitas bisnis itu PASTI melibatkan 5 komponen prinsip. Kalau gak ada salah satunya, berarti itu BUKAN bisnis.

    1. Komponen pertama dari bisnis adalah VALUE CREATION.
      Penciptaan nilai. Nilai ini merupakan jawaban atas kebutuhan dari target market. Nilai dibikin berdasarkan 5 motif dasar manusia:

        1. Motif untuk memiliki. Contoh bisnis yang mengakomodasi motif ini adalah: memproduksi sepeda, memproduksi sepatu, intinya memproduksi value yang nantinya akan menggoda target market untuk memiliki.
        2. Motif untuk terhubung sama orang lain. Contoh bisnis ini: Facebook, layanan jodoh, jual membership, klub2 berbayar. Intinya memproduksi value yang memungkinkan keterhubungannya antar orang/pihak.
        3. Motif untuk belajar. Contoh: bikin sekolah, kursus, pelatihan, Coach. Memproduksi value yang memungkinkan orang untuk belajar.
        4. Motif untuk mempertahankan diri. Contoh: bisnis alarm, layanan satpam, helm, obat/kesehatan, senjata, memproduksi value untuk keamanan diri.
        5. Motif emosi. Contoh: bioskop, hiburan, prostitusi, rental video, karaoke, pengajian, memproduksi value yang memuaskan emosi target market.

      Ada HUKUM BESI terkait VALUE CREATION ini, pasar tidak butuh tau Anda pintar gak di bidang Anda, pasar gak perlu tau produk/value yang Anda tawarkan bagus atau tidak. Kalau pasar gak butuh, Anda PASTI ditinggal.

      Pasar adalah makhluk Tuhan yang paling gak mau tau. Tidak punya toleransi, perasaan, kasihan. Pasar mengikuti hukum besi.

    2. Komponen kedua dari bisnis adalah MARKETING.
      Mengenalkan value yang Anda sudah bikin kepada target market. Gak peduli sebaik apapun barang yang Anda temukan, kalau market gak tau, gak kenal, gak sadar. Maka gak jadi bisnis.Dasarnya marketing adalah mendekatkan value yang sudah dibikin ke target market.Dekat dalam arti sesungguhnya, baik dekat secara fisik, maupun dekat secara gagasan. Sebelum ada mobil, Henry Ford bertanya kepada pasar, “Apa yang Anda butuhkan?” Mereka menjawab dengan, “kuda yang berlari lebih cepat!”Aktifitas marketing pada dasarnya adalah membuat penyesuaian antara value yang kita produksi dengan IMPLIED NEEDS atau kebutuhan tersirat dari pasar.Membuat target pasar menyadari akan kebutuhannya, dan lebih lanjut lagi adalah menyadari bahwa VALUE atau BARANG yang kita produksi merupakan alternatif terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
    3. Komponen ketiga adalah SALES atau PENJUALAN.
      Tanpa berhasil menjual, walaupun barang kita banyak dikenal, gak bakal jadi bisnis. Menjual adalah upaya untuk merealisasikan kebutuhan tersirat, menjadi kebutuhan konkrit.Kebutuhan tersirat -> kebutuhan konkrit -> kesiapan untuk membeli. Penjualan sesungguhnya adalah proses pendidikan. Bahwa kita sebagai penjual mendidik pelanggan atau calon pelanggan untuk menyadari akan kebutuhannya, dan kita atau produk kita atau value yang kita punya adalah kesempatan terbaik buat pelanggan/calon pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya dalam rangka menyelesaikan persoalan yang mereka punyaPenjualan akan sukses ketika pelanggan berperan menemani calon pelanggan untuk melewati perjalanan itu.
    4. Komponen keempat adalah VALUE DELIVERY.
      Atau menyampaikan value/produk kepada pelanggan. Prinsip dari penyampaian value ini ada 3: cepat, murah, dan sesuai dengan janji yang diberikan di MARKETING.Kalau kita menjanjikan obat tertentu, manjur untuk penyakit tertentu, ya seharusnya memang manjur. Kalau gak manjur, sisi komponen ini menjadi tidak valid. Bisa2 gak balik lagi pelanggannya.Murah artinya tidak menambah harga. Artinya biaya yang dikeluarkan pelanggan haruslah seimbang dengan value yang akan mereka dapatkan. Kalau kemahalan, maka pelanggan akan menangkap ini sebagai tambahan biaya untuk mendapatkan value itu. Dia akan mencari produk yang lain yang menawarkan value serupa. Cepat adalah pendeknya jeda waktu setelah terjadi penjualan. Antara waktu setelah eksekusi penjualan dengan diterimanya produk/value itu pendek/cepat. Sudah bayar, nerima produknya lama. Orang akan pindah. Beli pisang sekarang, ternyata pisangnya masih mentah, nunggu mateng dulu baru diterima. Ya dia akan nyari penjual pisang lainnya.
Close Menu